Implementasi Artificial Intelligence pada Game Defender of Metal City dengan menggunakan Finite State Machine
Critical Report
1.
Field Establishment :
·
Pada
game biasa terdapat Artificial Inteligence (AI) yang mengendalikan pihak
komputer sehingga manusia yang bermain dapat merasakan seolah mereka sedang
melawan pemain manusia lain saat bermain.
2.
Masalah :
·
Perkembangan
teknologi yang sangat pesat akhir-akhir ini membawa banyak perubahan dalam
perkembangan perangkat lunak, salah satu jenis perangkat lunak yang sangat
popular dewasa ini adalah game, game merupakan perangkat lunak yang digunakan
sebagai sarana hiburan baik oleh kaum anak-anak ataupun orang dewasa.
3.
Solusi :
·
Artificial
Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah kecerdasan yang dimiliki oleh mesin
yang dapat bertindak seperti layaknya manusia. Pada game, AI bertindak dalam
mengendalikan komputer agar dapat bermain melawan pemain manusia.
·
Finite
State Machine atau FSM adalah sebuah model yang digunakan untuk menggambarkan
alur dari suatu proses berdasarkan state
atau keadaan dari suatu proses, hanya ada satu state yang bisa aktif pada suatu
waktu sehingga dibutuhkan adanya perpindahan ke state lain apabila ingin
melakukan aksi yang lain
4.
Evaluasi :
·
Penggunaan
Finite State Machine dalam game berjenis tower defense yang dikombinasikan
dengan strategi untuk menang dan aturan game dapat membentuk AI yang kuat.
·
AI
yang memiliki tingkat kemungkinan tindakan random yang rendah akan lebih kuat
daripada AI yang memiliki kemungkinan tindakan random yang lebih tinggi.
·
AI
yang terbentuk telah sesuai dengan tingkat kesulitannya, dimana AI yang lebih
susah akan memiliki kemungkinan kemenangan yang lebih besar
5.
Kontribusi :
·
Unity
adalah sebuah Game Engine Cross-platform yang dapat menghasilkan game untuk
berbagai macam platform termasuk Windows, Mac, Linux, Android, iOS, dan banyak
lagi. Unity pertama kali diterbitkan pada Tahun 2005 dan telah banyak
berkembang sejak saat itu. Unity memiliki Built-in IDE yang bermana
MonoDevelop.
·
6.
Critical Review :
Ø Kelebihan
:
Penggunaan Finite State Machine dalam game berjenis tower defense yang
dikombinasikan dengan strategi untuk menang dan aturan game dapat membentuk AI
yang kuat.
Ø Kekurangan
: AI
yang terbentuk telah sesuai dengan tingkat kesulitannya, dimana AI yang lebih
susah akan memiliki kemungkinan kemenangan yang lebih besar.
Referensi :
Billy, Imam Kuswardayan,
Wijayanti Nurul Khotimah. Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknologi
Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
Komentar
Posting Komentar