Implementasi Artificial Intelligence pada Game Defender of Metal City dengan menggunakan Finite State Machine




Critical Report
1.       Field Establishment :
·         Pada game biasa terdapat Artificial Inteligence (AI) yang mengendalikan pihak komputer sehingga manusia yang bermain dapat merasakan seolah mereka sedang melawan pemain manusia lain saat bermain.

2.       Masalah :
·         Perkembangan teknologi yang sangat pesat akhir-akhir ini membawa banyak perubahan dalam perkembangan perangkat lunak, salah satu jenis perangkat lunak yang sangat popular dewasa ini adalah game, game merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai sarana hiburan baik oleh kaum anak-anak ataupun orang dewasa.

3.       Solusi :
·         Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah kecerdasan yang dimiliki oleh mesin yang dapat bertindak seperti layaknya manusia. Pada game, AI bertindak dalam mengendalikan komputer agar dapat bermain melawan pemain manusia.

·         Finite State Machine atau FSM adalah sebuah model yang digunakan untuk menggambarkan alur dari suatu proses berdasarkan  state atau keadaan dari suatu proses, hanya ada satu state yang bisa aktif pada suatu waktu sehingga dibutuhkan adanya perpindahan ke state lain apabila ingin melakukan aksi yang lain

4.       Evaluasi :
·         Penggunaan Finite State Machine dalam game berjenis tower defense yang dikombinasikan dengan strategi untuk menang dan aturan game dapat membentuk AI yang kuat.
·         AI yang memiliki tingkat kemungkinan tindakan random yang rendah akan lebih kuat daripada AI yang memiliki kemungkinan tindakan random yang lebih tinggi.
·         AI yang terbentuk telah sesuai dengan tingkat kesulitannya, dimana AI yang lebih susah akan memiliki kemungkinan kemenangan yang lebih besar



5.       Kontribusi :
·         Unity adalah sebuah Game Engine Cross-platform yang dapat menghasilkan game untuk berbagai macam platform termasuk Windows, Mac, Linux, Android, iOS, dan banyak lagi. Unity pertama kali diterbitkan pada Tahun 2005 dan telah banyak berkembang sejak saat itu. Unity memiliki Built-in IDE yang bermana MonoDevelop.
·          

6.       Critical Review :
Ø  Kelebihan : Penggunaan Finite State Machine dalam game berjenis tower defense yang dikombinasikan dengan strategi untuk menang dan aturan game dapat membentuk AI yang kuat.

Ø  Kekurangan : AI yang terbentuk telah sesuai dengan tingkat kesulitannya, dimana AI yang lebih susah akan memiliki kemungkinan kemenangan yang lebih besar.

Referensi :


Billy, Imam Kuswardayan, Wijayanti Nurul Khotimah. Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) NEST THERMOSTAT

Sejarah Pulau Nusa Kambangan